Nikah dengan Tukang Kerupuk Ciamis, Bule Amerika Pakai Wali Hakim

16/11/2015
Nikah dengan Tukang Kerupuk Ciamis, Bule Amerika Pakai Wali Hakim

Berkas persyaratan persetujuan kedutaan Amerika Serikat yang diserahkan Tamylian Miklovick (45), perempuan WNA (Warga Negera Asing) asal Nevada Amerika Serikat saat menikah KUA Kecamatan Cipaku. Foto: Edji Darsono/HR

Cipaku-20151113-00284(2)

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, H. Kurdi, membenarkan bahwa Tamylian Miklovick (45), perempuan WNA (Warga Negera Asing) asal Nevada Amerika Serikat sudah menikah secara negara dengan Jaja (30), seorang pemuda yang berprofesi pedagang kerupuk, asal Dusun Sukadana, Desa Sukawening Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis pada tanggal 14 Oktober 2015 lalu.

Kurdi menjelaskan, seorang WNA dapat menikah di Indonesia, ada berbagai persyaratan yang harus ditempuh, diantaranya ijin khusus dari kepolisian dan ijin dari kantor kedutaan besar Negara asalnya. [Baca juga: Bule Amerika-Tukang Kerupuk Akhirnya Nikah Secara Negara di Ciamis]

“Waktu mereka datang ke sini, belum bisa menunjukan dua persyaratan itu. Akhirnya kami tolak. Namun, mereka meminta untuk dinikahkan secara siri. Ya pada waktu itu kami fasilitasi,” ujarnya, kepada HR Online, Minggu (15/11/2015).

Kurdi menegaskan, meski keduanya waktu itu merengek minta dinikahkan secara Negara, namun tanpa menunjukan beberapa syarat khusus, pihaknya terpaksa menolak.

“Menikah secara Negara jelas aturannya dan diatur dalam UU Perkawinan. Kami bukannya mempersulit, tetapi harus sesuai dengan aturan. Waktu itu pun kami berikan arahan kepada keduanya untuk menempuh ijin dari kepolisian dan kedutaan. Bahkan, kami juga bantu agar mereka tidak kesulitan dalam memprosesnya,” ungkapnya.

Kurdi mengatakan, setelah keduanya sudah mendapatkan ijin dari kepolisian dan kedutaaan, pihaknya langsung memfasilitasi keduanya untuk dinikahkan secara Negara. “Tammy sebagai mempelai wanita tidak bisa menghadirkan orang tuanya. Kami pun akhirnya menghadirkan wali hakim saat proses akad nikahnya. Alhamdulilah, prosesnya lancar dan kedua mempelai sudah resmi menjadi pasangan suami-istri yang dicatat oleh Negara,” ujarnya. (Dji/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Kenalan di Facebook, Tukang Kerupuk di Ciamis Nikahi Bule Amerika

Begini Kisah Cinta Facebook Tukang Kerupuk Ciamis -Bule Amerika

Bule Amerika Istri Tukang Kerupuk Ciamis Ini Dulunya Paham Atheist

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles