Pilkades Serentak di Banjar akan Terapkan Sistem Referendum

Di Jabar Hanya di Ciamis, Pilkades Serentak Bakal Mirip Pemilu

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Di Jabar Hanya di Ciamis, Pilkades Serentak Bakal Mirip Pemilu

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Panitia Khusus (Pansus) 7 DPRD Kota Banjar dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kota Banjar, memasukan pasal referendum jika terjadi atau diikuti calon tunggal.

Hal itu dikatakan Ketua Pansus 7 DPRD Kota Banjar, Oman Ismail Marzuki, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/11/2015). “Kami masukan pasal referendum warga apabila Pilkades di salah satu desa hanya diikuti satu calon,” ucapnya.

Penambahan pasal tersebut, ungkap dia, seiring putusan Mahkamah Kontitusi (MK) sebagai solusi atas polemik calon tunggal dalam Pilkada maupun Pilkades.

“Jika dalam masa penjaringan dan penyaringan hanya ada satu calon, maka Panitia Pilkades membuka kembali proses tersebut dengan waktu yang ditetapkan. Kemudian setelah waktu ditutup masih saja tidak ada peminat atau calon lagi, ya dengan calon tunggal itu dilakukan referendum atau istilahnya semacam ditanyakan jajak pendapat kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam referendum, panitia tetap melaksanakan pemilihan suara yaitu dimana masyarakat diberikan kartu suara dengan memberi pilihan “setuju” atau “tidak setuju” dari calon tunggal itu.

“Jadi dengan cara tersebut, tidak ada istilah pemilihan calon pilkades melawan bumbung kosong. Artinya memiliki pertimbangan, yakni hak politik masyarakat saat pilkades tetap dapat disalurkan,” tegas Oman.

Rancangan Perda Pilkades itu sendiri, ujar dia, akan segera ditetapkannya. “Nanti berbarengan dengan paripurna penetapan APBD 2016,” pungkasnya. (Nanks/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar