Situs Peninggalan Abad 14 di Pangandaran Terungkap

Potensi wisata yang terdapat di Dusun Citembong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

desa 3

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Camat Sidamulih, DR. Erik, mengungkap potensi wisata yang terdapat di Dusun Citembong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Propinsi Jawa Barat.

“Potensinya berupa alam pegunungan. Wilayah ini sangat layak dijadikan salah satu tujuan wisata. Kedepan, potensi alam pegunungan ini perlu dikelola dengan baik dan dijadikan desa wisata,” katanya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Erik menjelaskan, selain pemandangan alam pegunungan, di kawasan itu juga terdapat lereng bebatuan yang tidak kalah indah menghiasai panorama. Selain itu, terdapat juga situs makam berukuran 5 x 5 meter peninggalan jaman penjajahan.

“Bentuknya masih asli. Situs makam ini juga bisa dijadikan salah satu tujuan wisata,” katanya.

Menurut Erik, yang paling mendesak dibenahi adalah akses atau infrastruktur jalan menuju kawasan objek wisata alam pegunungan tersebut. Pasalnya, saat ini kondisi infrastruktur jalan menuju lokasi masih dalam keadaan buruk.

Abah, Juru Kunci di Dusun Citembong, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengungkapkan, makam yang terdapat di wilayah tersebut merupakan makam patilasan Eyang Ider Buana. Situs tersebut merupakan peninggalan jaman Mataram atau pada abad ke 14.

“Situs makam ini seringkali dikunjungi warga, baik berasal dari Pangandaran maupun dari luar Pangandaran. Disini, mereka melakukan semedi dan mencari berkan pada bulan-bulan tertentu,” pungkasnya. (Ntang/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar