Kabupaten Pangandaran DOB Terbaik di Indonesia

Kantor Bupati Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Kabupaten Pangandaran DOB Terbaik di Indonesia

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kementerian Dalam Negeri menetapkan Kabupaten Pangandaran sebagai Daerah Otonom Daerah (DOB) terbaik dari 18 kabupaten/kota DOB di Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2012 lalu. Pangandaran dinilai paling mampu mempersiapkan seluruh aspek suprastruktur pemerintahan pasca ditetapkan sebagai DOB.

Penjabat Bupati Pangandaran, Daud Achmad, mengaku bersyukur atas prestasi tersebut. Menurutnya, keberhasilan itu merupakan buah dari kerja keras seluruh komponen di Pangandaran yang menginginkan adanya perubahan setelah ditetapkan sebagai DOB.

“Meski nilainya belum mencapai kategori baik atau di angka 70, tetapi dengan nilai 68,80 Pangandaran tertinggi di banding dengan kabupaten/kota dan provinsi DOB lainnya di Indonesia. Daerah lain masih dinilai 62, 64 dan dan jika dibandingkan selisih nilainya cukup jauh,” ujarnya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Menurut Daud, dalam penilaian DOB terbaik, Kemendagri menggunakan 10 krateria tugas Daerah Otonom Baru (DOB), seperti menyusun SKPD, mengisi jabatan di SKPD, perpindahan aset, perpindahan personil, Perda dan lainnya.

“Pangandaran belum masuk kategori sangat baik, karena masih ada 2 krateria yang belum dipenuhi, yaitu pembuatan RTRW dan pusat perkantoran. Kedua krateria itu nanti harus dipenuhi oleh Bupati definitif,” ujarnya.

Daud menjelaskan, dari 18 DOB di Indonesia yang usianya dibawah 3 tahun dengan awal pembentukan tahun 2012, diwajibkan memberikan laporan data capaian kinerja yang dilakukan setiap enam bulan sekali ke Kemendagri. “Dari penilaian tahun 2015, Kabupaten Pangandaran sudah mampu menyelesaikan 8 krateria tugas DOB. Tentunya ini sangat luar biasa, dalam waktu 3 tahun hanya Pangandaran saja yang mampu memenuhi 8 krateria tugas DOB,” ujarnya.

Daud menambahkan dengan capaian yang sudah diraih saat ini diharapkan bisa menjadi motivasi kedepan untuk lebih meningkatkan prestasi. Sehingga, kata dia, cita-cita pemekaran yang ingin mewujudkan Pangandaran sebagai daerah maju dan rakyatnya sejahtera bisa segera terwujud.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengapresiasi prestasi yang diraih Kabupaten Pangandaran. Pangandaran, kata dia, sebagai DOB satu-satunya di Jawa Barat (yang ditetapkan tahun 2012), bisa menjadi terbaik di Indonesia. “ Kami pun bangga dengan prestasi ini. Meski di Jawa Barat hanya Pangandaran saja, tetapi bisa menjadi yang terbaik,” ujarnya, kepada Koran HR, belum lama ini.

Pemprov Jabar, kata Aher, akan terus memberikan dukungan agar Kabupaten Pangandaran kedepan bisa segera menjadi daerah yang mandiri. “ Dari aspek anggaran Pangandaran terus kami bantu. Selain itu, kami pun akan mendirikan kampus Unpad (Universitas Padjadjaran) program luar domisili di Pangandaran guna menunjung peningkatan Sumber Daya Manusia,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR)