RSUD Kawali Ciamis Ditargetkan Mulai Beroperasi Tahun 2019

23/01/2016 0 Comments
RSUD Kawali Ciamis Ditargetkan Mulai Beroperasi Tahun 2019

Maket bangunan RSUD Kawali Kawali yang berlokasi di Jalan Raya Ciamis- Cirebon atau tepatnya di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Subagja Hamara/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

RSUD Kawali berdiri di lahan seluas 1,5 hektar yang berlokasi di Jalan Raya Ciamis- Cirebon dekat jembatan dua Kawali atau tepatnya di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Rumah sakit ini dibangun dengan standar type C yang memiliki 50 tempat tidur yang berada di gedung rawat inap.

Di RSUD ini pun, terdapat 4 dokter specialis, diantaranya dokter kandungan, dokter bedah, dokter anak dan dokter penyakit dalam. “Kami menargetkan pada tahun 2019 RSUD Kawali sudah diresmikan dan operasionalnya sudah berjalan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, didampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Ciamis, Maman, kepada Koran HR, di ruang kerjanya, Selasa (19/01/2016). [Berita Terkait: Pembangunan RSUD Kawali Ciamis Telan Anggaran Rp. 50 Milyar]

Engkan mengatakan, selain menyiapkan infrastruktur bangunan dan fasilitas alat kesehatan, pihaknya pun harus dihadapkan menyiapkan sumber daya staf, tenaga medis dan dokter untuk ditempatkan di RSUD Kawali.

“Meski fasilitas bangunan dan alat kesehatan berstandar rumah sakit type C, namun pada awal operasional RSUD Kawali harus merangkak dulu dari rumah sakit type D. Untuk meningkatkan status ke type C, tentu butuh waktu yang cukup lama. Karena kami pun harus menyiapkan sumber daya staf, tenaga medis dan dokter yang berstandar rumah sakit type C. Artinya, mencari SDM rumah sakit itu cukup sulit, dibanding menyiapkan bangunan dan fasilitas alat kesehatan,” terangnya.

Namun demikian, lanjut Engkan, dengan berdirinya RSUD Kawali setidaknya dapat memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat di wilayah Ciamis Utara. “RSUD Kawali ini kedepannya cukup prospek, karena berada di lokasi strategis, sangat berpeluang bisa menyedot warga dari Majelengka dan Kuningan. Selain itu, masih terdapat lahan yang cukup luas untuk dilakukan pengembangan,” ungkapnya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!