35 Peserta Helaran Seni Meriahkan HUT Kota Banjar ke-13

Salah satu peserta helaran seni dari Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, tampak tengah mengikuti pawai alegoris dalam rangkan memeriahkan HUT Kota Banjar ke-13. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sedikitnya 35 peserta pawai alegoris perwakilan dari setiap desa dan kelurahan se-Kota Banjar, meriahkan kegiatan helaran seni yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dalam rangka HUT Kota Banjar ke-13.

Helaran seni yang digelar di Jalan Letjen. Soewarto, Senin (22/02/2016), dimulai dari jam 08.00 WIB-11.00 WIB itu, dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Banjar, para kepala OPD, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Banjar berserta anggota, Kapolresta Banjar, Danyon Inf 323 Raider, tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak pula ribuan warga memadati sepanjang jalan dan rute yang dilalui oleh peserta pawai alegoris. Iring-iringan peserta menyuguhkan berbagai kesenian dan atraksi yang ditampilkan oleh para pelaku seni, baik dari desa maupun kelurahan di Kota Banjar, seperti seni Badawang, Manuk Janur, Sisingaan, Pencak Silat, Kuda Lumping dan berbagai kesenian lainnya. Selain itu, juga dipamerkan berbagai prodak olahan makanan.

Walikota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP., M.Si., dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari semua elemen masyarakat Kota Banjar.

“Dengan modal kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, kini Kota Banjar menginjak usia ke-13 tahun. Walaupun usianya masih terbilang muda, namun Kota Banjar berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, baik di tingkat provinsi maupun nasional,” ucapnya.

Ade juga mengatakan, bahwa semua raihan prestasi yang diraih itu semakin menegaskan eksistensi Kota Banjar yang telah mampu sejajar dengan kota atau daerah lainnya, khususnya di Jawa Barat.

Kepala Seksi Seni dan Film Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Banjar, sekaligus ketua pelaksana helaran seni, Aco Karso, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan karya dan kreasi seni yang ada di Kota Banjar.

“Kegiatan ini sebagai bentuk untuk meningkatkan kreasi seni, selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya kita,” kata Aco.

Sementara itu, menurut Wawan, salah seorang warga Banjar, meski tak meriah seperti tahun kemarin, namun acara helaran seni kali ini lumayan cukup menghibur masyarakat Banjar.

“Selain itu, saya pun jadi tahu apa saja yang menjadi unggulan prodak atau seni unggulan dari masing-masing desa maupun kelurahan,” ujarnya. (Hermanto/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar