Mahasiswa Unigal Ciamis Diminta Hindari Aksi Plagiarism

Mahasiswa Unigal Ciamis Diminta Hindari Aksi Plagiarism

ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Program Studi (Prodi) Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Provinsi Jawa Barat, menyelenggarakan kegiatan workshop tentang penulisan karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa tingkat akhir, Rabu (10/02/2016).

“Workshop ini diselenggarakan untuk menggenjot kompetensi dosen dan mahasiswa tingkat akhir mengenai sebuah konsep penelitian. Ini juga dilaksanakan untuk menghindari plagiarism dalam pembuatan skripsi,” kata Ade Suherman, S.Pd.,M.Pd., Ketua Prodi Akuntansi, ketika ditemui Koran HR, Rabu (10/02/2016).

Ade menuturkan, pihaknya sengaja menghadirkan Guru Besar Universitas Nusantara (Uninus) Prof. DR. Dedi Mulyasana, untuk menjadi pemateri pada kegiatan workshop penulisan karya ilmiah tersebut.

Menurut Ade, workshop penulisan karya ilmiah itu sangat penting untuk meningkatkan pemahaman serta kemampuan dosen dan mahasiswa dalam membuat sebuah karya ilmiah yang berkualitas.

“Saya berharap mahasiswa dan dosen bisa memahami bagaimana cara menulis karya ilmiah. Tidah hanya sebagai syarat selesai kuliah, namun juga dapat menghasilkan karya yang dapat dipublikasikan untuk banyak orang,” ujarnya.

Ade tidak memungkiri, pihaknya merasa resah mahasiswa tingkat akhir melakukan plagiarsm saat membuat skripsi. Menurut dia, plagiarsm bisa muncul karena mahasiswa tingkat akhir kurang memahami tata cara membuat karya ilmiah.

“Biasanya kesulitan di mahasiswa dalam menyusun tugas akhir (skripsi), isu yang berkembang di mahasiswa skripsi itu sulit. Tapi menurut saya sebenarnya bukan sulit. Akan tetapi tidak ada kemauan pada mahasiswa untuk belajar. Dan workshop ini kami adakan sebagai bentuk bekal dalam memperdalam penyusunan skripsi,” ucapnya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles