76 Calon Kades Siap Berlaga dalam Pilkades Serentak di Ciamis

76 Calon Kades Siap Berlaga dalam Pilkades Serentak di Ciamis

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekitar 76 calon kepala desa akan ambil bagian dalam ajang pesta demokrasi tingkat desa yang akan dilakasanakan secara serentak di wilayah Kabupaten Ciamis, pada bulan April 2016 mendatang.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Ciamis, Ir. H. Suyono, mengatakan, kepala desa yang terpilih harus mempunyai vivi dan misi yang jelas. Selain itu, realisasi terhadap program yang direncanakan harus diprioritaskan.

“Ini kali pertama pesta demokrasi ‘ala’ desa yang diadakan serentak di Kabupaten Ciamis. Saya berharap dalam pelaksanaannya berjalan lancar, kondusifitas tetap terjaga. Akan ada 76 calon kepala desa nantinya. Kalau calon kepala desa tidak mengetahui tata administrasi yang diberlakukan pemerintah repot kan. Jika hanya mengandalkan visi misi yang tidak terealisasi, mendingan gak usah nyalon,” tegas pria yang akrab dipanggil Yono ini, kepada HR Online, Selasa (22/02/2016).

Di tempat terpisah, Pjs. Kepala Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Mumu Muhaimin, berharap, calon kepala desa yang akan menggantikannya dapat membawa perubaha yang lebih baik.

“Saya tidak berharap yang aneh-aneh, hanya menginginkan kepala desa yang produktif dalam mengembangkan potensi desa yang ada. Sementara itu, dalam pemilihan nanti tidak usah ribut berebut kekuasaan. Pasalnya, kalau wilayah kita tidak kondusif akan jadi boomerang sendiri,” tandas Mumu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online dari berbagai sumber, bahwa di Kabupaten Ciamis, ada 25 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak dengan jumlah calonnya mencapai 76 orang.

Sedangkan, anggaran yang akan digunakan mencapai Rp.4 miliar. Uang tersebut akan dibagi menjadi dua. Pertama, Rp.2,8 miliar diberikan kepada desa yang akan menggelar pemilihan, dan sisanya, Rp.1,2 miliar akan dialokasikan untuk badan, dinas dan kantor, terkait pembiayaan kegiatan panitia pemilihan di tingkat wilayah Kabupaten Ciamis. (Muhafid/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles