Akibat Kendaraan Berat, Jalur Utama Desa Rawa Ciamis Rusak

Akses Jalan Kabupaten di Blok Cimori Desa Rawa Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis, amblas. Untuk mengantisipasi agar tidak terus bertambah dan semakin mendalam. Warga mengambil inisiatip menutupnya dengan kayu gelondongan. Photo : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akses jalan kabupaten di Blok Cimori Dusun Rawa 1, yang menghubungkan Desa Rawa Kecamatan Lumbung dengan Desa Maparah Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat amblas. Warga berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis memperbaiki segera akses jalan tersebut.

Maman (39), warga Dusun Rawa 1, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, sudah hampir satu bulan ini akses jalan di Blok Cimori dibiarkan amblas. Warga setempat sempat mengantisipasinya agar kerusakan tidak terus bertambah dengan menggunakan gelondongan kayu. Namun banyaknya kendaraan bermuatan berat yang lewat membuat kerusakan jalan semakin bertambah.

Kurniawan, warga Dusun Parungsari RT 28 RW 11, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, siang maupun malam banyak kendaraan yang lewat di jalan tersebut. Menurut dia, kerusakan yang terjadi di jalan itu selain disebablan kendaraan bermuatan berat juga disebabkan kondisi tanah yang labil.

Kaur Ekbang Desa Rawa, Ade Saepudin, ketika dihubungi Koran HR, pekan lalu, melalui telepon genggamnya membenarkan kerusakan yang terjadi pada jalan kabupaten tersebut. Menurut Ade, jalur utama Desa Rawa itu merupakan penghubung desa dan kecamatan.

“Mengantisipasi agar kerusakan tidak terus bertambah, warga setempat telah mengambil inisiatif swadaya mengumpulkan dana dari para pengendara yang lewat untuk membeli batu. Rencananya itu akan digunakan untuk menutup bagian jalan yang amblas,” katanya.

Ade mengungkapkan, pihaknya sudah membuat laporan dan mengajukan perbaikan jalan tersebut kepada pemerintah Kabupaten Ciamis. Pihaknya berharap perbaikan jalur utama di desa tersebut segera direalisasi. (Dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA