Asda II Ciamis ; 11 Ribu Orang Dihapus dari Daftar Warga Miskin

Asda II Ciamis ; 11 Ribu Orang Dihapus dari Daftar Warga Miskin

 

Drs. H. M. Soekiman

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Asisten Daerah Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat, Drs. H. M. Soekiman, di sela-sela kegiatan pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan beras untuk rakyat miskin (raskin), menyebutkan, sedikitnya 11 ribu warga miskin di Kabupaten Ciamis dihapus dari daftar kemiskinan.

Soekiman menuturkan, ke 11 ribu warga miskin yang dihapus dari daftar tersebut selama ini biasa digunakan sebagai dasar untuk menyalurkan berbagai bantuan. Pihaknya belum mengetahui alasan pasti kenapa pemerintah pusat melakukannya. Namun di lain sisi, Soekiman menyebutkan, pemerintah pusat juga memberikan tambahan kuota sebanyak 30 ribu warga masuk dalam daftar warga miskin.

“Belum ada penjelasan soal penghapusan dan penambahan. Kami kira perubahan itu terkait dengan perubahan kondisi dan data kemiskinan di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Kepada awak media, Soekiman menjelaskan, selama ini data yang dipakai sebagai sumber penyaluran bantuan warga miskin berasal dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) Tahun 2011 Badan Pusat Statistik (BPS). Pada kenyataannya kondisi masyarakat dewasa ini sudah mengalami perubahan.

“Kondisi masyarakat sudah banyak mengalami perubahan, seperti jumlah warga miskin, perpindahan penduduk, derajat kesehatan dan jumlah penduduk,” ucapnya.

Soekiman menyebutkan bukti adanya perubahan, salah satunya adalah pengembalian 1.036 Kartu Indonesia Sehat (KIS) ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Penyebabnya karena sejumlah penerima sudah meninggal dunia, mengalami perubahan status dan pindah alamat. Saat ini, total penerima KIS sebanyak 446.877 orang. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles