Awalnya, Embung Rancabala Ciamis Dibangun untuk Suplai Kebutuhan Air Sawah

 

Embung Rancabala dibangun dengan tujuan membantu petani menyuplai dan memenuhi kebutuhan air sawah. Photo : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekretaris Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Eki Kustiawan, ketika ditemui HR Online, Kamis (18/02/2016), menjelaskan, Embung Rancabala dibangun dengan tujuan membantu petani menyuplai dan memenuhi kebutuhan air sawah.

“Mayoritas areal lahan basah (sawah) yang terdapat di kawasan Embung Rancabala Dusun Jalatrang merupakan aset milik desa. Hanya sebagian milik masyarakat. Selama ini areal lahan sawah milik desa itu digarap oleh warga (petani) dengan sistem bagi hasil,” katanya.

Eki menegaskan, seluruh areal pesawahan yang ada di wilayah tersebut mendapat pasokan air dari Embung Rancabala. Dia meyakini, penataan kawasan Embung Rancabala sebagai objek wisata air tidak akan memberikan pengaruh buruk terhadap suplai air sawah petani.

Kepala Dusun Jalatrang, Titing Kurniasih, ketika ditemui HR Online, Kamis (18/02/2016), menuturkan, selama ini Embung Rancabala tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan memancing.

“Banyak dari warga, baik dari daerah Cimari atau dari luar desa, menghabiskan waktu dengan memancing di Embung Rancabala,” ucapnya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA