Bahan Herbal Ini Berkhasiat Jaga Kesehatan Otak

21/02/2016 Berita Terbaru , Kesehatan
Bahan Herbal Ini Berkhasiat Jaga Kesehatan Otak

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah hasil penelitian mengemukakan bahwa bahan herbal ataupun rempah-rempah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Zat yang terkandung di dalam makanan herbal memiliki perbedaan signifikan dengan makanan kemasan.

Disamping itu, penelitian juga mengungkap mafaat bahan-bahan herbal terhadap kesehatan otak manusia. Diantaranya, mampu mempertajam ingatan, mengurangi rasa cemas hingga melindungi otak dari penyakit seperti tumor. Berikut ini bahan-bahan herbal yang diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan otak seperti dilansir dari prevention.com, Minggu (21/02/2016).

Seorang peneliti di Micronutrient Information Center di Oregon State University’s Linus Pauling Institute, Giana Angelo, PhD, menyebutkan bahan-bahan herbal tersebut. pertama; daun peterseli dan thyme.

Menurut dia, kandungan flavonoid pada peterseli dan thyme atau disebut juga apigenin, bisa menguatkan hubungan neuron dan sel stem pada otak. Peneliti memperkirakan apigenin bisa mempengaruhi pembentukan sel otak.

Kedua; Chamomile. Angelo menjelaskan, seperti apigenin studi laboratorium menunjukkan bagaimana cara chamomile pada otak bekerja. Chamomile memiliki kandungan senyawa yang dapat mengikat reseptor bahan kimia tertentu pada otak.

Hasil satu studi yang dilakukan kepada penderita gangguan kecemasan, mengungkapkan, setelah delapan minggu mengonsumsi ekstrak chamomile, para penderita mengalami penururnan gangguan kecemasan.

Ketiga; Kunyit. Angelo menuturkan, plak yang terdapat pada otak sejumlah penderita alzheimer lebih bersih setelah mengonsumsi kunyit.

Keempat; Sage. Kandungan sage juga dipercaya bisa meningkatkan memori pada otak. Serangkaian penelitan mengungkap, kapsul ekstrak sage berhasil meningkatkan kinerja memori otak seseorang.

“Minyak esensial serta ekstrak sage berhasil memblokir aktivitas enzim yang mengganggu fungsi kerja otak. Hanya saja, bagi penderita tekanan darah tinggi, tidak dianjurkan mengonsumsi suplemen sage,” kata Angelo.

Kelima; bawang putih. Menurut Angelo, bawang putih bisa menjadi obat untuk penyakit tumor otak. Bawang putih memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat membunuh sel kanker dan tumor otak. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles