Balai Rahayat Banjar Apresiasi Penerapan Kantong Plastik Berbayar

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ketua Balai Rahayat Kota Banjar, Jajang Kandar, ST., menanggapi serius Surat Edaran (SE) Nomor S.71/Men LHK–II/2015 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Kebijakan Pemerintah dalam Penerapan Kantong Plastik Berbayar untuk Ritel Modern.

“Kami apresiasi kebijakan tersebut bila diterapkan diseluruh daerah yang ada di Indonesia. Sebab, penggunaan plastik sampai saat ini menjadi kendala utama dalam menghadapi pemanasan global,” ujarnya, kepada HR Online, Jum’at (05/02/2016).

Dia juga mengatakan, pada tanggal 21 Februari 2016, pemerintah mulai melakukan ujicoba penerapan penggunaan plastik pada konsumen berbayar Rp.200. Namun, menurut Jajang, pemerintah khususnya Kota Banjar, perlu melakukan sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu, sebelum peraturan itu diberlakukan.

Pasalnya, sampai saat ini Pemerintah Kota Banjar baru sebatas menyediakan tempat sampah organik dan anorganik. Di Banjar sendiri belum ada solusi penanggulangan untuk sampah plastik.

Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah menanggapi serius mengenai persoalan tersebut. Karena, bahaya plastik sangat nyata dikehidupan sehari-hari. “Selain mendapatkan penghargaan Adipura, Kota Banjar juga harus beramai-ramai mengkampanyekan pengolahan sampah menjadi bahan ramah lingkungan, khususnya plastik,” kata Jajang. (Muhafid/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA