Bale Dusun di Lumbung Ciamis Ini Nyaris Ambruk

Bale Dusun Parungsari nyaris ambruk dan butuh perbaikan. Photo : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Parungsari, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, mengeluhkan kondisi bangunan Bale Dusun. Bangunan yang memiliki multiguna itu kondisinya sangat memprihatinkan. Warga khawatir kondisi atap yang lapuk mengancam keselamatan anak-anak yang kerap bermain di sekitarnya.

Aj. Iing, tokoh ulama setempat, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, berharap Bale Dusun Parungsari segera diperbaiki. Dia mengaku khawatir kondisi Bale Dusun yang nyaris ambruk itu memakan korban.

Maman, warga RT 28 RW 11, Dusun Parungsari, ketika ditemui HR, menuturkan, meski bangunan tersebut hanya digunakan sewaktu-waktu, tapi keberadaan bale dusun sangat dibutuhkan, baik untuk menggelar rapat maupun untuk menyimpan barang-barang milik dusun.

“Akibat kondisi bangunan yang sudah tidak layak pakai, setiap kali menggelar rapat lingkungan saja harus meminjam ruangan sekolah,” katanya.

Ketua RT 28, Uce, ketika ditemui HR, menjelaskan, usia bangunan bale dusun sudah sangat tua dan tidak pernah mendapat perbaikan. Dia menilai wajar apabila kondisinya sudah rusak.

Kepala Dusun Parungsari, Kurniawan, menambahkan, pihaknya sudah mengajukan perbaikan bale dusun kepada Pemerintah Desa Rawa. Menurut dia, sementara ini Dana Desa (DD ) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) belum bisa digunakan untuk pembangunan bale dusun.

“Kami mengakomodir segala bentuk usulan atau permasalahan yang ada di lingkungan, baik kebutuhan revitalisasi gedung bale dusun maupun hal lain yang berkaitan dengan kemajuan masyarakat yang ada di Dusun Parungsari. Hanya saja, setiap usulan maupun rencana ada proses,” katanya. (dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA