Begini Penilaian USAID Terhadap Guru di Ciamis

 

Kegiatan lokakarya perencanaan strategis pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, yang diselenggarakan USAID PRIORITAS, di Wisma PGRI. Photo : dok/USAID PRIORITAS

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kordinator Badan Pembangunan Internasional Amerika atau USAID, Erna Irnawati, menilai para guru di Kabupaten Ciamis memiliki perilaku positif. Pasalnya, ada kecenderungan sebagian guru memanfaatkan dana tunjangan sertifikasi guna mengembangkan kapasitas dan profesionalitas dirinya sebagai seorang guru profesional.

“Tapi sayangnya perilaku semisal ini masih terbatas pada sebagian kecil guru. Dengan demikian, perlu ada upaya nyata untuk menularkan perilaku baik ini kepada semua guru di Ciamis yang sudah tersertifikasi,” katanya.

[Baca Juga ; Kemenag Ciamis Berkepentingan Genjot Profesionalitas Guru Madrasah]

Erna menegaskan, pihaknya mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis berinisiatif untuk menyediakan program pelatihan bagi guru. Soalnya, guru mempunyai kesempatan yang sama untuk pengembangan keprofesiannya.

“Target dari pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah guru. Untuk itu, setiap program pelatihan haruslah berangkat dari kebutuhan guru itu sendiri,” ucapnya.

Dari keterangan resmi yang diterima HR Online, USAID PRIORITAS membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menyusun langkah dan strategi untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru. Upaya itu dikemas melalui kegiatan lokakarya perencanaan strategis di Wisma PGRI, Kamis (24/02/2016).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh pejabat dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Ciamis, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Ciamis, Badan Perencanaan dan pembangunan Daerah (Bappeda), Dewan Pendidikan, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), UPTD Pendidikan, Kepala Sekolah dan Pengawas. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA