Berkah Sawah Terendam, Warga Purwodadi Ciamis Dapat Ikan Gratis

Warga memanfaatkan areal sawah yang terendam banjir untuk memancing ikan gratis. Photo : Muhafid/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Lakbok dan Purwodadi, Kabupaten Ciamis, membuat sawah didua kecamatan tersebut terendam banjir. Kondisi yang membuat petani merugi, ternyata menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar yang memanfaatkanya dengan memancing maupun menjaring ikan.

Dari pantauan HR Online, terlihat beberapa orang yang hoby mancing duduk di pinggir galengan atau pematang sawah. Bahkan, ada juga yang rela mengarungi sawah, yang penuh dengan air menggunakan perahu warga sekitar, mencari tempat yang bagus untuk memancing.

Seperti yang dilakukan Didin (52), warga Desa Sukamulya, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Ciamis, yang setiap hari bersama teman-temannya memancing ikan mujair maupun ikan gabus gratis, di kolam pemancingan dadakan.

“Sebenarnya sih kasihan melihat pemilik sawah selalu kebanjiran. Tapi kalau kita hanya mengeluh, kan tidak baik juga. Makanya kondisi banjir seperti ini disyukuri saja dengan memancing,” ujarnya kepada HR Online, Sabtu (6/2/2016).

Diding (50), pemilik warung yang dekat dengan areal sawah yang terkena banjir mengatakan, tidak sedikit warga yang memanfaatkan areal pesawahan dijadikan kolam pemancingan dadakan.

“Ada juga warga yang setiap malam menjaring ikan di sekitar rumahnya, dan mendapatkan sampai 5 kwintal ikan,” ucapnya.

Menurutnya, hasilnya tangkapan ikan tersebut mereka jual untuk mengganti padi mereka yang sering gagal panen. “Kalau para pemancing, biasanya untuk dikonsumsi. Tapi ada juga yang menjualnya,” ungkapnya. (Muhafid/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar