BKPPD Banjar: PNS Lebihi Jam Istirahat Tidak Dibenarkan

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, Drs. Supratman, M.Si., menegaskan, jika ada PNS yang bermalas-malasan atau melebihi jam istirahat siang yang telah ditentukan, itu sangat tidak dibenarkan.

Sedangkan, mengenai pengawasan, tentu masalah itu menjadi kewenangan atasannya langsung dalam mengawasi anak buahnya. Menurutnya, hal ini ada pada tahapan di Peraturan Pemerintah Nomor 53.

“Jika ada PNS seperti itu, itu sangat tidak benar, dan bukan kewenangan pihak BKD, yang wajib menegur adalah atasannya terlebih dahulu. Kalau masih membandel, baru atasannya lapor ke walikota,” terangnya, kepada HR, saat diyemui di ruang kerjanya, pekan lalu.

Lanjut Supratman, jika sampai ke teguran tidak puas, maka atasannya langsung melaporkan ke walikota. Sebab, dalam hal ini ada tahapan penindakan, dari sanksi ringan sampai berat. Sehingga, nantinya walikota akan memerintahkan tim untuk memeriksa PNS tersebut bila sudah memasuki tahap sanksi sedang dan berat.

“Tim tersebut nantinya diperintah walikota untuk memeriksa PNS yang bandel. Tim ini tadalah penanggung jawab Sekda, Ketua Asda Satu, Kabag Hukum, BKD, Inspektorat, dan atasan langsung atau kepala OPD,” imbuhnya.

Dalam hal ini, kepala OPD atau atasan PNS di dinas tertentu, statusnya sebagai pembela atau bisa juga memberatkan PNS, yakni anak buahnya tersebut. (Hermanto/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA