Budayawan Ciamis Minta Gedung Kesenian Segera Digunakan

Gedung Kesenian Ciamis. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski Gedung Kesenian Ciamis sudah rampung dibangun, namun hingga saat ini belum ada aktifitas dan pertunjukan seni dan budaya yang digelar. Ternyata, belum dipakainya gedung tersebut, lantaran belum jelas siapa pengelolanya.

Menurut seorang Budayawan Ciamis, Aif Syarifudin, belum digunakannya Gedung Kesenian Ciamis, karena Pemkab belum memutuskan dinas mana yang mengelola gedung tersebut.

“Apakah gedung itu dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, hingga saat ini belum jelas. Bahkan, kami sudah mengkonfirmasi ke kedua dinas tersebut, jawabannya mereka belum mendapat perintah,” jelasnya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Aip pun meminta Pemkab Ciamis segera memutuskan dinas mana yang diberi tugas untuk mengelola gedung tersebut. Hal itu, kata dia, agar gedung megah itu bisa segera digunakan untuk aktifitas seni dan budaya. “Gedung kesenian bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) apabila pengeloaannya dimaksimalkan. Selain itu, gedung itu pun bisa menjadi tempat untuk menggeliatkan seni di Ciamis,” ujarnya.

Aip juga akan mengusulkan ke Pemkab Ciamis agar di Gedung Kesenian itu dibuat ruangan untuk sekretariat Dewan Kesenian Ciamis. “Kalau ada sektretariat Dewan Kesenian disana, diharapkan di gedung itu ada aktivitas seni yang digelar secara rutin. Dewan Kesenian nantinya diberi tugas untuk mengumpulkan dan membina para penggiat seni agar menghidupkan gedung tersebut,” katanya.

Dihubungi terpisah, Ketua Dewan Kesenian Ciamis, Toni Ilyas, mengatakan, memang saat ini pengelolan Gedung Kesenian masih simpang siur. Ada informasi yang menyebutkan bahwa gedung itu dikelola oleh Disdikbud dan ada juga informasi yang menyebutkan oleh Disparek.

“Idealnya gedung itu dikelola oleh Disparek. Karena dari namanya juga gedung kesenian yang merupakan tempat pertunjukan seni. Kalau dikelola Disdikbud menurut saya tidak benar. Karena tidak ada segi edukasi disitu,”jelasnya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Toni pun menyatakan bersedia apabila Pemkab Ciamis memberikan ruangan untuk sekretariat Gedung Kesenian. “Kalau kami diberi tawaran itu, tentunya siap. Nanti kami akan buat program bersama para pegiat seni budayawan untuk bersama-sama menggeliatkan aktivitas seni di gedung tersebut,” terangnya. (es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA