Calon Incumbent di Pilkades Serentak Ciamis Dianggap Masih Kuat

Calon Incumbent di Pilkades Serentak Ciamis Dianggap Masih Kuat

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan dilaksanakan 17 April 2016 mendatang di wilayah Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, sebagian diikuti oleh para incumbent.

Maman (50), tokoh masyarakat Desa Bangbayang Cipaku, ketika dimintai tanggapan, pekan lalu, menilai calon dari incumbent seringkali menjadi calon kuat dan ditakuti oleh calon atau peserta lain.

“Calon incumbent mempunyai posisi politik yang lebih strategis, karena masih memegang tampuk kepeminpinan di desa. Meski demikian, incumbent harus berjuang lebih keras lagi, sehingga masyarakat tidak salah memilih. Apalagi ini menyangkut nasib lima enam tahun kedepan,” katanya.

Kasi pemerintahan Kecamatan Cipaku, Kemal Ahmadi, SH, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, sebanyak enam desa di wilayah Kecamatan Cipaku melaksanakan pilkades serentak pada tahun ini.

“Dari enam desa yang melaksanakan Pilkades, dua diantaranya diikuti calon dari incumbent yang sudah menjabat kepala desa selama satu periode,” katanya.

Ketua Panitia Pilkades Desa Bangbayang, Drs. Eli Rahmat, MPd., mengungkapkan, minat masyarakat untuk menclonkan diri dan mengikuti Pilkades cukup siginifikan. Apalagi, pelaksanaan Pilkades dibiayai seluruhnya oleh pemerintah.

Rudi Hendra, Bakal Calon Kepala Desa Bangbayang dari incumben, ketika ditemui Koran HR, mengaku sengaja mencalonkan kembali menjadi kepala desa karena ingin menyelesaikan program pembangunan yang masih tertunda dan belum selesai.

Sementara itu, mantan kepala desa yang enggan disebutkan namanya, mengaku tidak lagi mencalonkan diri pada Pilkades tahun ini karena ingin memberikan kesempatan kepada warga lain yang ingin membangun desanya menjadi lebih baik. (Dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles