Cerita Mistik Sumur Tua Peninggalan Belanda di Bantarsari Ciamis

Cerita Mistik Sumur Tua Peninggalan Belanda di Bantarsari Ciamis

Sebuah bangunan sumur tembok peninggalan Belanda yang menyimpan cerita mistik, berada di areal sawah Desa Bantarsari, Pamarican. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sumur tembok di Dusun Sarabaya, Desa Bantarsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, merupakan salah satu sumur peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh di daerah tersebut. Namun, di balik kokohnya bangunan sumur tersimpan cerita mistik yang membuat merinding bulu kuduk.

Menurut warga setempat, air di dalam sumur tembok yang sudah berusia ratusan tahun itu tak pernah surut meski kemarau panjang melanda. Tetapi warga enggan memanfaatkannya mengingat keangkeran di sumur tua tersebut.

Seperti dikatakan Teguh, salah seorang warga setempat, kepada HR Online, Rabu (17/02/2016), bahwa kondisi sumur tembok saat ini masih terlihat kokoh meski usianya sudah terbilang tua. Warga sekitar pun menamainya sebagai sumur tembok yang mempunyai sejarah dan menyimpan misteri.

“Warga di sini tak pernah berani “nyiksikudi” keberadaan sumur itu, karena mereka meyakini sumur sangat angker. Pernah waktu musim batu akik ada warga yang mencoba ngambil batu dari dalam sumur itu, malam harinya dia langsung sakit,” tutur Teguh.

Namun, setelah batunya dikembalikan lagi ke dalam sumur, orang tersebut pun langsung sehat seperti sebelumnya. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles