Cuaca Buruk, Nelayan Jaring Arad di Pangandaran Malah Panen Ikan

Sejumlah nelayan jaring arad tampak tengah mengumpulkan ikan hasil tangkapannya. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kondisi cuaca di pesisir Pantai Selatan saat ini sedang kurang, bahkan sejumlah nelayan di Pangandaran mengurungkan niatnya untuk melaut, ketimbang harus mengambil resiko cukup tinggi dengan keselamatan jiwanya.

Namun, hal berbeda justru dirasakan oleh para nelayan tradisional jaring arad. Kondisi cuaca sekarang ini malah menguntungkan bagi mereka. Seperti diungkapkan Waluyo, salah seorang nelayan jaring arad, kepada HR Online, Sabtu (06/02/2016).
“Memang kondisi saat ini gelombang ombak di tengah laut mencapai ketinggian tiga sampai empat meter. Tetapi untuk nelayan jaring arad seperti saya, hal tersebut tidaklah berpengaruh. Karena, kita hanya menaburkan jaring di laut dengan jarak hanya 300 meter saja dari bibir pantai, dan ditarik secara beramai-ramai dari pinggir pantai juga,” tuturnya.

Menurut Waluyo, dengan kondisi cuaca kurang mendukung, para nelayan jaring arad justru bisa panen ikan montok, walaupun tidak terlalu banyak. Dari satu kali tabur jaring bisa menghasilkan ikan jenis montok sebanyak satu kwintal.

“Selain ikan montok, ada juga jenis ikan lainnya yang terjaring, yakni ikan layur dan udang jambu,” katanya. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA