Curah Hujan Tinggi, Petani di Blok Liposos Pangandaran Cemas

Petani di Blok Liposos, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, tengah menggarap lahan sawahnya. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Tingginya curah hujan yang terjadi sekarang ini, membuat petani di Blok Liposos, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, merasa khawatir lahan sawahnya terendam banjir. Terlebih di Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, telah terjadi banjir bandang.

Ujang Yadi, salah seorang pemilik sawah di Blok Liposos, mengaku, saat ini lahan sawahnya sudah ditanami padi. Namun, dirinya cemas dengan kodisi sekarang ini, dimana intensitas hujan mulai tinggi. “Saya khawatir banjir datang lagi dan merendam semua tanaman padi,” kata Ujang, kepada HR Online, Jum’at (05/02/2016).

Hal senada juga diungkapkan Jaelani, petani lainnya. Dia mengaku cemas menginggat kondisi cuaca yang belakangan ini terus-menerus turun hujan. “Lahan pesawahan di Blok Liposos ini sangat luas, yakni kurang lebih sekitar 450 hektare dan hampir seluruhnya sudah ditanami padi,” tuturnya.
Akibat hujan deras yang turun setiap hari, areal pesawahan yang telah ditanami padi sebagian sudah ada yang digenangi air, terutama lahan sawah yang berada di tengah. Sehingga wajar bila saat ini para petani merasa resah.

“Jika sesuatu hal yang tidak diharapkan terjadi, maka dipastikan semua tanaman padi terendam, kemudian mati, dan seperti biasa petani mengalami kerugian. Kini kami berharap pihak pemerintah untuk turun tangan mengatasi banjir di areal pesawahan, menginggat sawah di Blok Liposos merupakan salah satu lumbung padi nasional,” harap Jaelani. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA