Di Ciamis, 1.968 Orang Mendaftar Calon Petugas Sensus Ekonomi

Sejumla pendaftar calon petugas Sensus Ekonomi tahun 2016 tengah mengikuti tes wawancara yang dilakukan tim seleksi dari BPS Kabupaten Ciamis. Photo: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sedikitnya 1.968 orang mendaftar dan mengikuti tahapan seleksi calon petugas Sensus Ekonomi tahun 2016, saat Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis melekukan penjaringan di Gedung Pramuka, Rabu (17/02/216).

Panitia seleksi petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Ciamis, Maman, mengatakan, rekrutmen ini sengaja dilakuk pihaknya untuk dijadikan petugas baru dalam melakukan Sesus Ekonomi tahun 2016.

“Biasanya dalam rekrutmen dan penjaringan ini kami melibatkan pihak desa. Namun, karena ketentuan pusat harus memenuhi standar scanner pada tes tulisan, maka kami menggelar langsung seleksi yang dilakukan tim seleksi dari BPS tingkat kabupaten,” terangnya, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela seleksi.

Maman menyebutkan, semua peserta yang datang mendaftar dilakukan tes wawancara untuk menanyakan kesiapan mereka dijadikan petugas sensus, yang nantinya turun langsung ke setiap RT dan desa-desa.

Untuk pelaksanaan seleksi sendiri, lanjut Maman, saat ini masih digelar di beberapa tempat, seperti di Kecamtan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Banjarsari, Kawali dan Ciamis.

“Dari sekian banyak yang mendaftar, kami hanya membutuhkan petugas sensus sekitar 189 orang untuk wilayah Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran. Sementara sensus sendiri akan digelar bulan Mei 2016,” kata Maman.

Bagi yang lolos tes, dalam menjalankan tugas nantinya mereka diberikan aturan dan ketentuan sebagai petugas sensus. Namun, jika dikemudian hari setelah resmi menjadi petugas, lalu melanggar ketentuan, maka akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp.6.5 juta. (es/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA