Dianggap Tanah Tak Bertuan, Aset Milik Pemkot Banjar Dimanfaatkan Warga

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah aset tanah milik Pemkot Banjar yang pengelolaannya berada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diduga banyak digunakan dan ditempati warga tanpa kejelasan statusnya. Sehingga, tanah tersebut seolah tak bertuan.

Kepala Bidang Aset Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Banjar, Rasyid, saat dikonfirmasi HR, pekan lalu, mengatakan, bahwa pihaknya tidak mengetahui secara persis adanya aset tanah milik pemerintah kota yang dimanfaatkan oleh warga. Karena, untuk memastikannya perlu melakukan kroscek terlebih dahulu.

“Bisa saja memang pemerintah kota miliki aset tanah yang dibeli OPD tertentu, untuk keperluan sebuah proyek besar yang telah dilaksanakannya. Namun, pada akhirnya ada bagian lahan yang tidak terpakai,” ujarnya.

Meski begitu, jika bagian lahan kosong tersebut kembali digunakan warga setempat, misalnya untuk tempat usaha, maka penggunaannya harus jelas sesuai regulasi, atau sesuai Perda yang ada.

Menurut Rasyid, OPD tertentu yang mempunyai hak atas pengelolaan aset tersebut harus jelas pengamanannya, mulai dari pemberian izin, pungutan sewa dan lainnya. Jadi, kewenangan untuk menertibkannya adalah OPD terkait.

Pemasukan atas sewa tanah itu jelas menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang harus masuk, sebagaimana Perda Kota Banjar tentang Pengelolaan Aset milik Pemkot Banjar berupa tanah dan bangunan.

“Agar tidak menimbulkan permasalahan dan kecemburuan sosial dikemudian hari, tentu warga yang memanfaatkan aset tanah milik Pemkot harus memiliki kekuatan hukum,” tandasnya. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar