Diguyur Hujan Lebat, Hektaran Sawah & Rumah di Ciamis Terendam Banjir

Warga tengah membersihkan perabotan rumahnya yang sempat terendam banjir. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan lebat yang terus mengguyur selama dua hari terakhir ini, Jum’at-Sabtu (12-13/02/2016), mengakibatkan ratusan hektare sawah yang telah ditanami padi di Dusun Karanganyar, Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir.

Selain merendam ratusan hektar sawah, air juga masuk sejumlah rumah warga, akibatnya puluhan warga memilih diam dan membersihkan alat perabotan rumah tangga yang sempat terendam banjir.

Maman (50), warga setempat, ketika ditemui HR Online, Sabtu (13/02/2016), mengatakan, banjir seperti ini memang sudah tidak asing lagi bagi puluhan warga yang tinggal di Dusun Karanganyar.

“Banjir langganan ini akibat pendangkalan saluran pembuangan Sungai Cilisung yang sudah lama belum pernah ada perbaikan. Selain itu, adanya pembangunan tanggul irigasi membuat saluran pembuangan mengalami penyempitan, sehingga air yang datang dari arah Desa Puloerang tersendat, dan berbalik ke pesawahan serta pemukiman warga,” terang Maman.

Hal senada diungkapkan Enah (45), warga Desa Sukamulya lainnya. Menurut dia, akibat banjir yang terjadi di awal tahun ini, dirinya tidak bisa beraktifitas seperti biasa. “Hari ini saya lebih memilih beres-beres rumah dan membersihkan peralatan rumah tangga yang terendam banjir semalam,” tutur Enah.

Pantauan HR Online di lapangan, sedikitnya ada 10 rumah yang sudah tergenang air. Banjir juga merendam ratusan hektar sawah milik petani yang sudah ditanami padi selama 40 hari. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA