Dinkes Ciamis Imbau Puskesmas Waspadai Virus Zika

Dinkes Ciamis Imbau Puskesmas Waspadai Virus Zika

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, mengimbau seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di seluruh daerah untuk mewaspadai virus zika. Himbauan itu disampaikan Dinkes meski belum ada warga Ciamis yang dinyatakan terjangkit oleh virus zika.

Informasi yang berhasil dihimpun HR Online, virus zika merupakan virus yang ditularkan melalui media nyamuk Aedes aegypti. Virus zika masih satu family dengan virus penyebab penyakit chikungunya, demam berdarah dan penyakit kuning.

Kepala Dinkes Ciamis, Drg. Engkan Iskandar, MM, ketika ditemui HR Online, Kamis (04/02/2016), mengakui penyebaran dan penularan virus zika sama seperti DBD. Untuk itu, Dinkes perlu meningkatkan kewaspadaan.

“Memang saat ini di Ciamis belum ada temuan. Namun kewaspadaan terhadap keberadaan virus zika harus dilakukan sedini mungkin,” katanya.

Engkan menjelaskan, virus zika merupakan salah satu virus dari jenis flavivirus dan memiliki kesamaan dengan virus DBD. Menurut dia, vaksin untuk penyembuhan virus zika sampai saat ini belum ditemukan.

“Untuk mencegah terinfeksi virus zika, yang harus dilakukan yaitu hindari kontak dengan nyamuk dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” katanya. (Es/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles