Dinkes: Selama Januari, DBD Serang 19 Kecamatan di Ciamis

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Kesehatan Ciamis mencatat selama tahun 2015 kasus penderita DBD (Deman Berdarah Degue) cukup tinggi jumlahnya yaitu 391, diantarnya 209 orang laki-laki dan 182 orang perempuan. Sementara per januari tahun 2016 penderita DBD mencapai 19 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, Drg. Engkan Iskandar, MM, mengatakan, kasus DBD selama bulan Januari, terjadi di 19 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“Ke 19 orang itu tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Sindangkasih, Cijeungjing, Lumbung, Sukadana, Cisaga, Pamarican dan Banjarsari. Dan kini penderita masih dirawat di RSUD, ” ujarnya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Sementara menurut Kasi P4B, H. Osep Hernandi, S.Sos,M.Kes, mengatakan, dalam melakukan penanganan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), pihaknya melakukan seminggu sekali di hari Jum’at.

“Dalam melakukan pemberantasan, kami mengacu pada pedoman teknis pelaksanaan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3 plus, yaitu menguras, menutup dan mengubur, sehingga pedoman itu harus bisa dilakukan oleh masyarakat,” jelasnya.

Osep melanjutkan, dengan tingginya angka penderita DBD, pihaknya menghimbau kepada seluruh puskesmas di Kabupaten Ciamis untuk terus melakukan sosialisasai pemberantasan sarang nyamuk kepada masyarakat.

Selain sosialisasi, lanjut Osep, pihaknya juga melakukan pemberantasan langsung dengan melakukan foging di daerah yang dianggap endemik dan banyak penderita DBD, sehingga masyarakat peduli dengan bahaya nyamuk penyebab DBD. (es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA