Disdikbud Ciamis Diminta Buat Kalender Kegiatan Budaya

Disdikbud Ciamis Diminta Buat Kalender Kegiatan Budaya

Kesenian Bebegig asal Sukamantri Ciamis. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah guru sejarah meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdkbud) Kabupaten Ciamis menyusun kalender khusus tentang kegiatan kebudayaan bagi sekolah. Dengan kalender budaya tersebut, sekolah, guru dan siswa dapat mengetahui aset serta kegiatan kebudayaan yang ada di Kabupaten Ciamis.  

Djanar, Guru IPS di salah satu SMP di Kabupaten Ciamis, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, Disdikbud Ciamis perlu membuat kalender khusus yang di dalamnya tercantum tanggal tentang kegiatan budaya di Ciamis.

Menurut Djanar, derasnya arus globalisasi dan modernisasi dikhawatirkan dapat mengakibatkan terkikisnya rasa kecintaan terhadap kebudayaan lokal, sehingga kebudayaan lokal yang merupakan warisan leluhur terinjak-injak oleh budaya luar, tereliminasi di kandangnya sendiri dan terlupakan oleh para pewarisnya.

“Pemerintah daerah perlu membuat terobosan baru untuk menangkal hal itu dengan membuat kalender khusus mengenai kegiatan kebudayaan daerah,” katanya.

Senada dengan itu, Wulan Sondarika, M.Pd., Dosen Sejarah Unigal, ketika ditemui Koran HR, berharap, kalender khusus mengenai kegiatan kebudayaan di Kabupaten Ciamis direalisasikan segera. Menurut dia, dengan itu masyarakat dpat mengetahui secara langsung agenda kegiatan kebudayaan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Kalender yang dimaksud sama seperti kalender tahunan biasanya. Hanya saja pada tanggal tertentu ditandai dengan acara budaya Kabupaten Ciamis, sehingga yang melihat akan tahu bahwa tanggal tersebut akan ada kegiatan budaya,” ungkapnya. (Heri/Koran-HR

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles