Disdikbud Ciamis Komitmen Jalankan Esensi Progam USAID

 

Kegiatan lokakarya perencanaan strategis pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, yang diselenggarakan USAID PRIORITAS, di Wisma PGRI. Photo : dok/USAID PRIORITAS

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis, Drs. Toto Marwoto, menuturkan, meski USAID PRIORITAS akan berakhir pada tahun 2017, pihaknya memiliki komitmen untuk tetap menjalankan esensi dari program USAID di Ciamis.

Toto meyakini, keberlanjutan esensi program USAID PRIORITAS memiliki makna strategis untuk peningkatana kompetensi guru. Menurut dia, tahap-pelatihan pelatihan guru yang diprogramkan USAID mampu mendorong guru menjadi lebih mandiri, penuh inisiatif, inovatif, dan berintegritas.

“Sebagian (kecil) guru sudah sangat profesional. Mereka mampu mengeksplorasi potensi siswa dengan cara diskusi, kerja kelompok, percobaan ilmiah, menulis dan kegiatan pembelajaran lainnya,” ucapnya.

[Baca juga ; Begini Penilaian USAID Terhadap Guru di Ciamis]

Biar kualitas guru merata, Toto menuturkan, pihaknya berencana menyelenggarakan kegiatan tarining of trainers (TOT) untuk melatih lebih banyak lagi Fasda (fasilitator daerah), diantaranya untuk 13 mata pelajaran di SMP atau MTs dan 26 UPTD untuk sekolah dasar atau MI.

Toto menjelaskan, dengan memberdayakan fasda lokal, diseminasi PRIORITAS dapat dilakukan dengan pendekatan gugus. Dengan begitu bersifat gugus-tuntas. Artinya, semua sekolah dilatih dan semua guru juga dilatih.

[Baca juga ; Kemenag Ciamis Berkepentingan Genjot Profesionalitas Guru Madrasah]

Selain itu, Toto juga memberikan dorongan, di setiap UPTD terdapat satu SD Pembina. Kemudian didukung dengan anggaran pemerintah yang sudah disiapkan. SD Pembina ini akan menjadi sekolah model atau acuan dalam penerapkan program PRIORITAS. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA