Empat Rumah Warga di Balemoyan Ciamis Terancam Longsor

Empat Rumah Warga di Balemoyan Ciamis Terancam Longsor

Empat rumah yang berada di atas tebing yang longsor Selasa malam lalu, kini terancam ikut longsor. Photo: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Longsornya tebing setinggi 10 meter pada hari Selasa malam (16/02/2016) lalu, empat rumah warga yang berada di RT.06, RW.01, Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terancam ikut longsor.

Endang Engkus, warga setempat, mengatakan, tebing yang berada tepat di depan rumahnya itu mengalami longsor saat hujan lebat mengguyur pada Selasa malam.

“Sekarang ini keberadaan rumah saya sangat rawan sekali, terlebih dari longsoran tanah hanya menyisakan jarak sekitar dua meter saja dari lantai depan rumah. Makanya ketika hujan turun, saya merasa was-was longsor menggusur rumah saya,” ungkapnya, saat ditemui kepada HR Online, Kamis siang tadi (18/2/2016).

Saat longsor terjadi pada jam 18-00 WIB itu, dirinya sedang berada di tengah rumah, lalu terdengar suara patahan kayu pagar tepat di sisi tebing yang longsor. Selain rumahnya, kata Endang, ada tiga rumah lainnya yang letaknya tidak jauh dari lokasi longsor.

“Dengan adanya kejadian ini, saya meminta kepada aparat Desa Mekarjaya dan Pemerintah Kabupaten Ciamis, supaya tebing tersebut diperbaiki sehingga keberadan empat rumah di atasnya bisa aman,” harap Endang.

Sementara itu, Sekdes Desa Mekarjaya, Kustiwa HS, mengatakan, longsor tebing yang mengancam rumah Endang sudah dilaporkan pihaknya kepada kecamatan, dan diteruskan ke BPBD Kabupaten Ciamis.

“Kami dari aparat desa sudah melaporkan kejadian tersebut, agar tebing longsor yang mengancam empat rumah warga di Dusun Balemoyan bisa mendapatkan perhatian juga dari Pemda Ciamis,” katanya.

Untuk saat ini, pihaknya menghimbau kepada pemilik rumah supaya lebih waspada lagi, terutama saat hujan turun. Bahkan Kustiwa menyarankan segera mengungsi apabila hujan turun. (es/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles