Ini Alasan Mengapa Ciuman Baik untuk Kesehatan

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Berciuman dengan pasangan adalah hal yang paling mengasyikan. Selain bisa menguatkan ikatan, berciuman juga menunjukkan rasa cinta Anda terhadap pasangan, dan dapat membuat romantisme tumbuh semakin besar.

Namun, bukan itu saja manfaat dari ciuman, karena faktanya ciuman pun baik untuk kesehatan. Seperti dilansir oleh Skinny Mom, berikut ini adalah lima alasan mengapa ciuman dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Pertama, ciuman bisa menurunkan stres. Berdasarkan Everyday health, ternyata ciuman bisa menurunkan hormon stres, kortisol serta mampu meningkatkan hormon cinta, oksitosin. Anda akan merasa santai setelah berciuman, sehingga tekanan dalam diri pun mereda.

Kedua, ciuman membuat bahagia. Selain menurunkan stres, ciuman bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Berdasarkan Women’s health, ciuman juga bisa menguatkan hubungan Anda dengan pasangan, karena berciuman dapat meningkatkan produksi hormon bahagia, yakni endorfin.

Ketiga, ciuman bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Berdasarkan CNN, bahwa pertukaran air ludah ketika sedang berciuman dengan pasangan Anda akan membantu menghilangkan plak, serta mencegah gigi berlobang. Namun, tetap saja kesehatan gigi tidak cukup dijaga hanya dengan berciuman.

Keempat, ciuman bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat berciuman, orang akan bertukar bakteri. Hal itu membuat tubuh memproduksi antibodi guna melawan sakit, dan tubuh pun akan menjadi lebih kebal dari kuman dan penyakit.

Kelima, ciuman membantu menurunkan berat badan. Berciuman dapat mempercepat detak jantung serta akan meningkatkan metabolisme. Ciuman yang menurunkan hormon stres bisa mencegah Anda untuk makan berlebihan. Tetapi untuk menurunkan berat badan juga perlu dibarengi diet dan gaya hidup sehat.

Itulah lima manfaat dari ciuman untuk kesehatan. Dengan demikian, berciuman tidak saja mempengaruhi hubungan Anda bersama pasangan dan keadaan psikis, namun berpengaruh pula pada kesehatan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA