Ini Alasan Relokasi Pasar Muktisari Banjar Ditempatkan di Jalan Irigasi

Ini Alasan Relokasi Pasar Muktisari Banjar Ditempatkan di Jalan Irigasi

Tempat Relokasi Pasar Muktisari. Foto: Dokumentasi HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Tempat relokasi pedagang Pasar Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, akhirnya ditetapkan sesuai rencana awal dan juga keinginan dari para pedagang sendiri, yakni di jalan irigasi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Kota Banjar, Ir. H. Nana Sutarna, kepada Koran HR, pekan lalu.

“Penggunaan tempat relokasi di sana tentu atas keinginan pedagang, sebab tidak jauh dari pasar asalnya yang akan direvitalisasi. Selain itu, lokasi tersebut juga dianggap sebagai sentra keramaian,” jelasnya.

Dalam penggunaan lokasi untuk relokasi, Disperindagkop telah melakukan koordinasi sekaligus mengurus permohonan perizinannya ke BBWSC. Bahkan, lanjut Nana, pihaknya bersama BBWSC sudah turun langsung meninjau lokasi tersebut.

Namun untuk sementara, teknis penempatan los pedagang harus dibicarakan lebih lanjut dan perlunya kajian. Termasuk saling berkoordinasi dengan warga lingkungan setempat. Kemungkinan penempatan los akan menggunakan jalur kanan dan kiri jalan, baik yang ke arah Barat maupun ke arah Timur dari titik perempatan jalan irigasi.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, David Abdillah, ST., MM., menyebutkan, untuk lokasi ke arah Timur dari perempatan hanya bisa digunakan sebelah, yaitu di atas tanggul irigasi.

“Kalau sebelah Utara akan terganggu proyek pelebaran jalan yang akan dikerjakan tahun ini juga oleh Bidang Bina Marga Dinas PU,” jelas David.

Sementara warga di lingkungan setempat, yakni RT.02, RW.03, Lingkungan Babakan, Kelurahan Muktisari, menyambut baik serta mendukung wilayahnya dijadikan tempat relokasi pedagang Pasar Muktisari. Hal itu dikatakan Ketua RT setempat, Ruhimat, S.Pd.,S.IP., MM.

“Namun, kami pun memohon kepada OPD terkait, khusus pada para pedagang agar memperhatikan segi kebersihan dan keamanannya. Itu harus dibicarakan lebih lanjut, sehingga warga tetap nyaman dan terjaga atas segala yang dimungkinkan dari dampak yang ada,” kata Ruhimat.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Muktisari, Agus, menambahkan, pihak pemuda di wilayah tersebut siap ikut mendorong demi suksesnya revitalisasi Pasar Muktisari. Menurut dia, mengingat pengalaman waktu dulu ketika relokasi pedagang di tempat sama rawan pencurian barang dagangan saat malam hari, maka segi kemanan harus benar-benar diperhatikan.

Termasuk perlunya antisipasi dan penataan parkir kendaraan bermotor. Dengan demikian, warga atau pemuda setempat dapat diberdayakan untuk membantu dan ikut menjaga keamanan dan ketertiban. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles