Ini Efek Buruk Tidur dengan Televisi Menyala

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Hati-hati jika Anda terbiasa tidur dengan kondisi televisi menyala. Karena, kebiasaan itu ternyata dapat membuat seseorang menjadi depresi. Jadi, sebaiknya pikirkan lagi kebiasaan Anda tersebut.

Seperti dilansir dari Daily Mail, seorang pakar masalah tidur di London, Guy Meadows, mengatakan, manusia diciptakan untuk tidur dalam keadaan gelap. Saat matahari muncul, maka sensor penerima cahaya pada retina mata akan merangsang otak untuk terbangun dengan cara membuang hormon melatonin.

Begitu pun cahaya yang muncul dari televisi dapat mengurangi produksi hormon melotonin yang bisa menyebabkan kantuk, dan kurangnya produksi melotonin memicu gangguan tidur. Masalah tersebut dapat menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan dan merasa kelelahan di pagi harinya.

Sedangkan, efek lainnya adalah prefrontal cortex di otak yang berpengaruh terhadap rasionalitas menjadi terganggu. Sebab, orang yang memiliki gangguan tidur akan cenderung bertindak lebih emosional pada pagi harinya.

Bahkan, dalam jangka waktu yang panjang, efek dari gangguan tidur akibat televisi menyala adalah depresi. Jadi mulai sekarang sebaikanya Anda membiasakan diri mematikan televisi sebelum tidur. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA