Ini Makhluk Ghaib Penunggu Sumur Tembok di Bantarsari Ciamis

Warga enggan mengusik keberadaan sumur tembok di tepi pesawahan milik petani di Dusun Sarabaya, Desa Bantarsari, Pamarican, Kabupaten Ciamis. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Keangkeran sumur tembok yang berada di tepi pesawahan milik petani di Dusun Sarabaya, Desa Bantarsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, membuat warga sekitar enggan untuk mengusik keberadaan sumur tersebut.

Warga sekitar meyakini sumur tua peninggalan Belanda itu ditunggui makhluk ghaib yang suka jahil, bahkan sering menampakan diri. Seperti diungkapkan Kasan, tokoh masyarakat setempat, saat ditemui HR Online, Rabu (17/02/2016).

“Sumur tersebut “digeugeuh” sesosok kakek tua dan puteri cantik yang suka muncul tiba-tiba. Warga di sini sudah tidak merasa aneh jika ada orang yang melihat sosok kakek tua dan puteri cantik,” tutur Kasan.

Sosok makhluk ghaib berupa kakek tua itu sering memperlihatkan diri duduk di bibir sumur dengan memakai baju pangsi dan iket di kepala. Sedangkan, sosok wanita terlihat seperti seorang puteri cantik yang memakai pakaian kerajaan. Hingga saat ini kedua sosok makhluk ghaib itu masih suka menampakan diri.

“Sampai sekarang suara-suara ghaib juga masih suka terdengar dari arah sumur tua itu. Suaranya seperti orang tengah meregang menahan rasa sakit, mungkin itu suara-suara penunggu sumur,” ujarnya.

Menurut informasi yang dihimpun HR Online, sejarah berdirinya sumur tembok ini dulunya adalah tempat pembuangan mayat yang dibantai oleh kolonial Belanda. Selain mayat orang pribumi, mayat orang-orang Belanda pun turut dibuang ke sumur tersebut. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar