Ini Manfaat Jodang bagi Warga Sidamulih Pangandaran

Jodang milik warga yang dipasang di bibir Sungai Karang Tirta untuk menangkap ikan. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Menangkap ikan dengan menggunakan jodang yang dilakukan warga di muara Sungai Karang Tirta wilayah Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, dapat menjadi salah satu wisata edukasi.

Hal itu dikatakan Camat Sidamulih, dr. Erik, kepada HR Online, Sabtu (27/02/2016). Menurutnya, jodang merupakan alat tradisional untuk menangkap ikan yang harus dilestarikan.

“Meski ke depannya muara Karang Tirta menjadi salah satu obyek wisata di Pangandaran, keberadaan jodang justru mesti jadi salah satu wisata edukasi, sekaligus menjaga alat tradisional menangkap ikan tersebut jangan sampai punah, dan jodang harus menjadi ikon wisata Karang Tirta,” kata Erik.

Kepala Desa Karang Tirta, Ikin Asikin, menyebutkan, sedikitya ada 150 jodang milik warga dipasang di bibir Sungai Karang Tirta. Keberadaan sungai tersebut membawa berkah bagi warga setempat.

“Warga menangkap ikan di sungai itu hanya bermodalkan bambu dan jaring nilon yang dirangkai sedemikian rupa supaya menghasilkan ikan, atau disebut jodang. Hasil ikan yang didapat berpariatif dan cukup lumayan,” kata Ikin. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar