Ini Penyebab Banjir yang Selalu Melanda Sukamulya Ciamis

Para petani di desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, tampak sedang membersihkan saluran pembuangan air yang mampet, tepatnya di bawah saluran talang baja. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Berharap tanaman padinya bisa tertolong dan tidak membusuk akibat terendam banjir, puluhan petani di Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bergotong-royong membersihkan saluran talang air yang mampet, Sabtu (13/02/2016).

Menurut para petani, penyebab sering terjadinya banjir di daerah tersebut akibat buruknya saluran pembuangan yang kini sudah sangat dangkal. Sehingga, setiap kali hujan turun, daerah pertanian di wilayah Desa Sukamulya selalu terendam banjir.

Seperti dikatakan tokoh masyarakat Desa Sukamulya, Eeng Marzuki, kepada HR Online, saat ditemui di lokasi. Dia menyebutkan, selama puluhan tahun saluran pembuangan air menuju Sungai Citanduy yang terbentang sepanjang areal pesawahan, mulai dari wilayah Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok hingga Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, kondisinya sudah sangat dangkal dan luput dari perbaikan.

“Pemerintah sudah harus melakukan pembenahan saluran irigasi ini, karena penyebab terjadinya banjir yang selalu merendam areal peswahan dan pemukiman warga Desa Sukamulya, salah satunya terjadi akibat pendangkalan saluran pembuangan menuju Citanduy,” terangnya.

Selain itu, imbuh Eeng, talang yang melintang di jalur pembuangan juga harus dihilangkan. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar