Ini Penyebab TPA Sampah Cibeureum Banjar Longsor

Ini Penyebab TPA Sampah Cibeureum Banjar Longsor

Longsoran sampah di TPA Cibeureum menutupi sebagian sawah milik warga. Longsor tersebut disebabkan karena tembok penyangga yang berfungsi untuk menahan ratusan kubik sampah jebol. Photo : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang mengguyur Kota Banjar sejak sore kemarin, mengakibatkan gundukan sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dusun Babakan, Desa Cibeureum Kecamatan Banjar, Kota Banjar, longsor, Sabtu (13/2/2016).

Pantauan HR Online di lapangan, Sabtu (13/2/2016), tembok penyangga yang berfungsi untuk menahan ratusan kubik sampah itu jebol. Akibatnya, material longsoran sepanjang 100 meter dan ketinggian sampah campur tanah kira-kira 3 sampai 5 meter, menutupi sebagian areal pesawahan milik warga.

Ahmad Maulana (35) warga setempat mengatakan, bahwa dirinya melihat longsoran sampah tersebut Jum’at (12/2/2016) sekitar pukul 18.00 WIB. Namun pada saat itu, material sampah masih tertahan tembok penyanggah.

“Longsoran diduga terjadi pada dini hari tadi (Sabtu, 13/2/2016), karena pada pukul 6 sore, saya melihat longsoran masih tertahan tembok penyangga,”ujarnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun warga mengalami kerugian akibat tanaman padi mereka tertimbun longsoran material sampah dan tanah.

Sementara itu, Kasi Sarana dan Prasarana DCKTLH, Dyah Shita Asri Wahyuningrum mengatakan, pihaknya akan mempercepat perluasan tanah untuk sel sampah baru.

“Dengan kejadian ini, kami akan mempercepat perluasan tanah, untuk sel sampah baru,” katanya. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles