Ini Penyebab Tumbangnya Pohon Besar di Jalan Ciamis- Kawali

Pohon angsana tumbang dan menghalangi jalan raya Ciamis- Kawali atau tepatnya di daerah Alinayin, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Minggu (21/02/2016), sekitar pukul 15.00 WIB. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis,(harapanrakyat.com),-

Sebelum pohon angsana tumbang dan menghalangi jalan raya Ciamis- Kawali atau tepatnya di daerah Alinayin, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Minggu (21/02/2016), sekitar pukul 15.00 WIB, daerah itu sempat diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang. Akibat angin kencang, menyebabkan beberapa ranting pohon patah dan kemudian merobohkan pohon besar tersebut.

Menurut Kosim, salah seorang warga, sebelum kejadian dirinya sedang sibuk mengatur keluar masuk kendaraan menuju Wisata Icakan yang kebetulan pohon Angsana tidak jauh dari lokasi pintu gerbang Icakan. [Berita Terkait: Pohon Tumbang Bikin Macet Jalur Ciamis-Kawali]

“Saat tengah mengatur keluar masuk kendaraan, tiba-tiba hujan turun yang disertai angin kecang. Tidak berselang lama, tiba-tiba terdengar suara patahan pohon saat angin menerjang. Ketika dilihat ke sebelah utara, ternyata pohon besar tumbang,”ungkapnya, kepada HR Online, tadi malam.

Kosim menambahkan, penyebab tumbangnya pohon akibat tiupan angin kencang dan juga usia pohon sudah tua dan sebagian batangnya sudah lapuk, sehingga tidak kuat lagi menahan tiupan angin.

Saat kejadian, kata dia, lokasi jalan Alinayin kebetulan tengah lenggang arus kendaraan, sehingga ketika pohon angsana itu tumbang tidak menyebabkan korban jiwa. “Saya langsung melaporkan kejadian itu kepada aparat Desa Jelat. Karena pohon tumbang membahayakan pengguna jalan,”katanya.

Menurut dia, di kawasan jalan Alinayin banyak sekali pohon besar dengan umur puluhan tahun. Karenanya, dia khawatir apabila terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang peristiwa serupa kembali terjadi. Apalagi tekstur tanah di daerah itu rawan longsor. (es/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA