Kasihan, Petani di Blok Liposos Pangandaran Tahun Ini Gagal Panen

Tanaman padi pada lahan sawah seluas ratusan hektare di Blok Liposos, Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, kembali terendam banjir. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pasca banjir yang menggenang tanaman padi pada lahan sawah seluas ratusan hektare di Blok Liposos, Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran selama empat belas hari, dipastikan para petani mengalami gagal panen.

Yoyo, salah seorang petani, mengatakan, saat banjir telah surut dalam jangka waktu tiga hari, kini tanaman padi terlihat membusuk dan mati akibat terlalu lama terendam air.

“Saat ini tanaman padi di Blok Liposos 90 persen rusak, dan dipastikan tahun ini tidak akan panen. Lihat saja tanaman padi yang tadinya hijau seperti lapang bola, kini kuning dan membusuk akibat terlalu lama terendam air,” tuturnya, kepada HR Online, Sabtu (27/02/2016). Menurut Yoyo, meskipun pihak pemerintah tahu para petani merugi karena tidak bisa panen, namun tetap saja tidak pernah memperhatikan permasalahan tersebut, apalagi sampai mengganti kerugian para petani.

Saat ini intensitas hujan masih cukup tinggi, ratusan hektare sawah yang sempat surut pun kini kembali terendam banjir air kiriman dari hulu Sungai Citanduy. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA