Kini, 135 Warga Sudimara Panawangan Ciamis Dinyatakan Sehat

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 135 warga Dusun Sudimara, Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, yang pekan lalu terserang diare akhirnya dinyatakan sembuh. Awalnya mereka diduga terserang diare akibat mengonsumsi air dari mata air Ciwarung.

Kepala UPTD Puskemas Panawangan, Hamlan, ketika diwawancara Koran HR, Selasa (16/02/2016), mengaku kasus penyakit diare yang menyerang 135 warga Sudimara memang sangat mengagetkan pihaknya. [Berita Terkait: Ratusan Warga Panawangan Ciamis Kena Diare Disebabkan dari Mata Air]

Akan tetapi, kata Hamlan, hal itu bisa diantisipasi setelah warga diberi pengobatan intensif. Hasilnya, sekarang warga yang terserang diare kembali normal dan kembali mengonsmusi air dari mata air Ciwarung.

“Sebenarnya penyakit diare yang menyerang warga Sudimara sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian bila tidak mendapatkan penanganan,” katanya.

Hamlan menuturkan, pemberian desinfektan secara intensif membuat warga yang terserang diare berhasil sembuh. Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau warga untuk tetap menjaga kesehatan serta pola hidup bersih dan sehat.

Senada dengan itu, Kepala Desa Panawangan, Asep, ketika dihubungi Koran HR, Selasa (16/02/2016), mengungkapkan bahwa saat ini kondisi kesehatan 135 warga Sudimara sudah kembali normal.

“Kami sangat berterimaksih kepada petugas kesehatan dari Puskesmas Panawangan dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis yang telah memberikan pertolongan cepat kepada warga,” ucapnya.

Setelah ke 135 warga dinyatakan sehat, kata Asep, Posko kesehatan yang sempat didirakn di Balai Dusun, sekarang sudah tidak ada. Namun, pihaknya menganjurkan kepada warga yang ingin memeriksakan gejala diare langsung ke Puskesmas Panawangan. (Es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA