Konstruksi Rapuh, Rumah di Kujangsari Banjar Roboh

Konstruksi Rapuh, Rumah di Kujangsari Banjar Roboh

Rumah milik Saring (31), warga Dusun Kalapa Sabrang RT.04 RW.08 Desa Kujangsari, Kec. Langensari, Kota Banjar, yang roboh akibat guyuran hujan dan konstruksi rumah kurang kuat. Photo : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com)

Sebuah rumah permanen berukuran 5 x 6 m, milik Saring (31), warga Dusun Kalapa Sabrang RT.04 RW.08 Desa Kujangsari, Kec. Langensari, Kota Banjar, roboh, Minggu (14/02/2016) sekitar pukul 04.00 WIB.

Terlihat aparat pemeritah desa, kecamatan beserta puluhan warga membantu membersihkan dan mengevakuasi reruntuhan material rumah, yang memang kondisi konstruksinya rapuh atau sudah jelek hingga dibongkar semuanya, ditambah guyuran hujan lebat setiap harinya selama ini.

“Ini akibat guyuran hujan dan konstruksi rumah kurang kuat, terlebih di sini sering terkena banjir,” ucap Saring, Minggu (14/02/2016).

Saring menuturkan, pagi dini hari itu di dapur terdengar suara benda yang jatuh. Kemudian, dia membangunkan istrinya, ternyata setelah dilihat butiran tembok sudah berjatuhan.

“Kami berusaha membawa kayu untuk menahan tembok yang miring, agar tidak roboh lebih luas. Namun apa daya, roboh rumah ini semakin luas sehingga saya bersama keluarga menyelamatkan diri keluar,” tutur Saring, yang juga anggota Linmas Desa Kujangsari, Minggu (14/02/2016).

Untuk sementara, dirinya yang tinggal bersama istri dan satu anaknya ini, akan mengungsi di rumah orang tuanya.

“Kerugian ditaksir kurang lebih 30 juta. Alhamdulillah tak ada korban jiwa,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Kujangsari, Siti Aisah mengatakan, akan memberikan bantuan tanggap darurat alakadarnya. Sebab pihaknya juga sudah meminta bantuan Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjar.

“Tentu kami akan berupaya membantu keluarga atas musibah yang menimpanya, bantuan akan ada yang diberikan dari desa sebagai bentuk sosial pada warga kami,” janjinya.

Ketua TAGANA Kota Banjar, Ujang Kustia menyebutkan, pihaknya akan beri bantuan makanan, seperti beras dan mie instan termasuk persedian yang ada di gudang Dinsos Banjar. “Kami akan lihat dulu ke gudang, ada persedian apa saja,” katanya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles