Mayoritas Warga Cimari Ciamis Jalani Industri Makanan Ringan

Mayoritas Warga Cimari Ciamis Jalani Industri Makanan Ringan

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebagian besar warga Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, merupakan pelaku usaha mikro dan kecil, berupa industri rumahan (home industry) makanan ringan.

Sekretaris Desa Cimari, Eki Kustiawan, ketika ditemui HR Online, Kamis (18/02/2016), membenarkan hal itu. Menurut dia, industri rumahan yang dijalani sebagian besar warganya yakni produksi makanan ringan seperti makaroni, kerupuk, kacang atom dan banyak yang lainnya.

Eki menuturkan, mayoritas industri rumahan yang terdapat di wilayahnya itu mampu menyedot jumlah tenaga kerja yang lumayan cukup banyak. Hanya saja, pihaknya tidak menampik mengenai kelemahan yang dihadapi para pelaku usaha industru rumahan tersebut.

“Memang kendalanya ada, salah satunya yaitu di bidang manajemen pemasaran dan kewirausahaan. Pelaku usaha rumahan mampu memproduksi tapi kurang lihai dalam memasarkannya,” kata Eki.

Pada kesempatan itu, Eki berharap pelaku usaha industri rumahan yang terdapat di wilayah Desa Cimari mendapat program fasilitasi mengenai pemasaran dan manajemen usaha, termasuk juga soal permodalan. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles