Mutasi Rotasi Perangkat Desa di Banjar Jangan Abaikan Aturan!

Mutasi Rotasi Perangkat Desa di Banjar Jangan Abaikan Aturan!

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Mutasi dan rotasi perangkat desa di Kota Banjar, jangan sampai mengabaikan aturan perundangan yang berlaku. Karena, imbasnya akan menjadi sebuah pertanyaan bagi masyarakat yang mengerti akan hukum.

Demikian dikatakan Camat Pataruman, Moch. Dasuki, SH., M.Si., kepada HR, saat ditemui di ruang kerjanya, pekan lalu. Sebagai aparat kecamatan dan selaku pembina desa/kelurahan, tentu dirinya sangat memperhatikan hal itu dan mewanti-wanti agar desa dalam menjalankan pemerintahannya mentaati pada aturan hukum.

“Kami bersyukur di wilayah kerja Kecamatan Pataruman, seperti saat pelantikan Sekdes Karyamukti dan Sekdes Mulyasari pada hari Kamis lalu, itu dilakukan atas kebutuhan melalui mutasi dan rotasi perangkat desa, dan telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang ada,” kata Dasuki.

Adapun ketentuan perundang-undangan tersebut diantaranya PP.43/2014 tentang Ketentuan Pelaksanaan UU No.06/2014 tentang Desa, dan turunannya di daerah melalui Perwalkot No.05/2015 tentang Pemerintah Desa. Aturan itu dipakai sebelum perwal yang baru keluar atas adanya perubahan Permen tentang SOTK Pemdes.

Menurut Dasuki, masyarakat perlu tahu bahwa mutasi dan rotasi sekdes di kedua desa tersebut dilaksanakan bukan karena ada masalah atau tekanan dari pihak manapun, tetapi semata-mata ketentuan dan kehendak pemdes atas persetujuan BPD masing-masing.

“Kami berharap kepada sekdes yang baru dilantik dapat melaksankan tugas dengan sebaik-baiknya, sebagaimana jabatan adalah sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan ke semua pihak dan Allah SWT,” harapnya.

Pemerintah Kecamatan Pataruman meyakini dan mempercayai atas kemampuan yang dimiliki sekdes yang baru, terlebih dipilih berdasarkan penilaian dan seleksi semua pihak setempat.

Dasuki juga berharap agar sekdes dan perangkat desa lainnya yang sudah berjalan, memiliki semangat, motivasi, dan inovasi, juga disiplin dan tertib dalam segala hal. Karena, semua itu sangat diperlukan agar hasil kerjanya maksimal dan tuntas, serta didasari keikhlasan.

Adanya dorongan dan arahan dari seluruh lapisan masyarakat setempat pun sangat dipenting, mulai tokoh dan kelembagaan yang ada. Tanpa itu semua, perangkat desa dan segala program pemerintahan desanya tidak akan berhasil sesuai harapan.

“Jalinan komunikasi dan informasi dari pemdes dengan pemerintah kecamatan, perlu lebih ditingkatkan. Bila ada hal yang tidak sependapat dengan kebijakan desa, mohon disampaikan dengan baik, serta memberikan solusi atau arahan yang jelas,” katanya.

Dasuki menambahkan, di moment HUT Kota Banjar ke-13 ini, sebagaimana ajakan Walikota agar pemerintah desa dan kelurahan, serta lapisan masyarakat lebih meningkatkan kerjasama, demi Kota Banjar yang damai, nyaman dan sejahtera. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles