Pemkot Banjar Segera Revitalisasi Pasar Muktisari, Pedagang Siap-Siap Direlokasi

Pasar Muktisari di Kecamatan Langensari, Kota Banjar, dalam waktu dekat ini akan segera direvitalisasi sehingga nantinya menjadi pasar tradisional modern. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sesuai perencanaan yang telah ditentukan, di tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Banjar tidak lama lagi akan mulai merevitalisasi Pasar Muktisari di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari. Sejumlah pedagang di pasar tersebut harus siap-siap direlokasi untuk sementara waktu.

Namun, mengenai tempat relokasi, bagaimana biaya relokasi dan teknis relokasinya seperti apa, serta hal-hal lainnya belum bisa ditetapkan. Termasuk bagaimana akhir dari sangkut paut utang piutang antara pihak pengembang sebelumnya, yakni PT. Manuk Prima Perkasa dengan sebagian pedagang.

Saat dikonfirmasi HR kepada dinas terkait yang akan melakukan revitalisasi, Kamis (04/02/2016), Kepala Bidang Cipta Karya DCKTLH Kota Banjar, David Abdillah, mengatakan, selama proses pelaksanaan pembangunan pasar, tentu harus ada tempat sementara berdagang.

Menurutnya, para pedagang tidak diberikan biaya atau material untuk pembuatan los sementara pada tempat. Sebab, anggaran yang disediakan hanya khusus untuk revitalisasi saja.

David berharap masyarakat menyadarinya, dan dia pun percaya terhadap para pedagang Pasar Muktisari bahwa hal itu menjadi tanggungan mereka. Terlebih revitalisasi ini untuk kenyamanan pedagang dalam berjualan yang selama ini mendambakan pasar lebih refresentatif dan bersih.

Sedangkan mengenai anggaran, dari total anggaran sebesar Rp.21 miliar, terbagi untuk pembangunan revitalisasi pasar sebesar Rp.15 miliar yang dikelola pihak dinasnya, dan sisanya Rp.6 miliar untuk penataan PKL di sekitar Pasar Muktisari yang dikelola oleh Disperindagkop.

“Jika segala teknis relokasi sudah disiapkan, maka pembangunan pasar akan dapat dilaksanakan di bulan Maret 2016. Jadi, ada waktu 2 bulan untuk proses pemindahan relokasi pedagang. Lama pedagang menempati tempat relokasi, tergantung tuntasnya pembangunan pasar,” imbuhnya.

Pasar Muktisari akan dibangun menjadi pasar tradisional modern. Pasar akan dibangun dua lantai dengan lahan parkir lebih diperluas. Begitupun shelter angkot, rencananya akan dipindah dari tempat semula.

Untuk urusan antara sebagian pedagang dengan pihak pengembang sebelumnya, yakni PT. Manuk Prima Perkasa, David mengaku pihaknya tidak mengetahui persis. Namun yang jelas, pihak pengembang sendiri menyatakan kesiapannya dan mendukung dibangunnya kembali Pasar Muktisari, begitu pula dengan kesiapan dari para pedagang sendiri.

“Jika belum siap, akan menghambat proses revitalisasi yang sudah direncanakan. Semoga saja segala sesuatunya bisa lancar, dan semua komponen dapat memaklumi bahwa rencana ini demi kesejahteraan dan kemajuan pembangunan Kota Banjar,” harap David. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar