Penerimaan Pajak Ciamis Capai 111,96 Persen

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Ciamis berhasil melakukan penarikan sektor pajak sebesar 111,96 persen sepanjang tahun 2015. Target penarikan pajak pada tahun tersebut adalah Rp. 40,5 milyar. Sedangkan realisasinya mencapai sekitar Rp. 45,3 miliar.

Kepala Bidang Pajak Daerah DPPKAD Ciamis, Edi Sutarman, ketika ditemui Koran HR, Selasa (09/02/2016), mengatakan, pihaknya berhasil menarik sektor pajak daerah melebihi target yang sudah ditentukan.

“Penarikan pajak daerah dilakukan secara maksimal. Uang yang kami tarik diantaranya dari pajak rumah makan, hotel, perparkiran dan reklame. Target pajak daerah yang harus ditarik adalah Rp. 40.521.660.000 miliar. Namun setelah dihitung berdasarkan penghasilan pertahun justru melebihi target, yaitu Rp 45.367.647.610 miliar,” katanya.

Edi menegaskan, tahun ini DPKKAD juga menargetkan penerimaan pajak daerah dapat mencapai 100 persen. Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan potensi pajak daerah yang sampai saat ini belum tersentuh.

“Banyak sekali sektor pajak yang belum semuanya tersentuh, sehingga kami harus bekerja ektra untuk bisa mendapatkan wajib pajak. Seperti halnya sektor tempat wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, dan itu menjadi salah satu target tahun ini,” jelasnya.

Edi menjelaskan, semua sektor yang bisa menghasilkan pajak akan terus pihaknya upayakan. Sebab, penghasilan pajak merupakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan dikembalikan untuk pembangunan daerah.

Meski pencapaian pajak daerah sudah melebihi target, kata Edi, pihaknya merasa belum puas lantaran potensi penghasilan pajak dari masih cukup besar. Itu sebabnya DPPKAD terus berupaya maksimal menggali potensi tersebut. (Es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA