Proyek Saluran Irigasi Gunung Putri 1 di Ciamis Salahi Aturan?

Proyek pengerukan saluran irigasi Gunung Putri 1 yang melintas di tengah pemukiman warga ini diduga dikerjakan secara asal-asalan. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, menduga, proyek pengerukan saluran irigasi Gunung Putri 1 yang melintas di tengah pemukiman warga itu dikerjakan secara asal-asalan.

Handoyo, tokoh masyarakat setempat, mengaku, dirinya merasa kaget dengan adanya sebuah pekerjaan saluran irigasi yang dikerjakan dadakan dan terkesan asal asalan.

“Itu pengerjaannya asal-asalan sekali, bukannya laju air bisa mengalir dengan baik, ini malah jadi tersendat. Selain itu, material tanah juga mengganggu para pengguna jalan, sebab para pekerja membuang tanah galiannya ke tepi jalan,” ujar Handoyo, kepada HR Online, Sabtu (13/02/2016).

Kepala Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Subhan Hadi Suroso, membenarkan adanya proyek perbaikan saluran irigasi Gunung Putri 1 di wilayahnya. Dirinya pun menyayangkan pihak rekanan dalam mengerjakan kegiatannya yang terkesan asal-asalan.

Dia menyebutkan, proyek tersebut dikerjakan oleh pihak BBWS Tasikmalaya. Sebelum pekerjaan dimulai, pihak BBWS juga pernah datang ke kantor desa untuk memberitahu akan adanya pekerjaan perbaikan saluran irigasi.

“Tapi saya kurang pas jika perbaikan saluran diperbaiki saat ini. Kami maunya dimulai musim kemarau, jadi bisa terlihat kedalaman pengerukannya. Bukan seperti sekarang, kami tak bisa melihat apakah benar digali atau hanya dikikis pinggirannya saja. Buktinya pekerjaannya seperti ini, malah terpenggal-penggal, bukan memperlancar aliran air, justru malah sebaliknya,” ujar Subhan.

Selain pihak pemerintahan desa, kata Subhan, pihak muspika pun sama menyayangkan hal ini. Bahkan, surat pemberitahuan terhadap muspika juga tidak pernah dilakukan oleh pemegang pekerjaan. Dirinya menduga, pihak BBWS dalam melakukan pengerjaannya proyek tersebut mendahului SPK.
Terkait keluhan warga atas permasalahan tersebut, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Ciamis, Drs. Wagino, ketika dihubungi HR Online melalui ponselnya, mengaku, dirinya kaget dengan adanya pekerjaan yang sudah dilaksanakan sekarang.

“Masa ia sih sekarang sudah mulai ada pengerjaan, kan tendernya juga belum berjalan. Perasaan semua pekerjaan itu akan dimulai pada bulan Maret-April. Coba nanti saya akan cek ke lapangan, dari sumber apa proyek tersebut,” kata Wagino. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar