Puskesmas di Pangandaran Fasilitasnya Harus Setara Hotel Bintang 3

Bangunan Puskesmas Pangandaran. Foto: Dokumentasi

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemkab Pangandaran menargetkan pada akhir tahun 2017 mendatang seluruh puskesmas di Pangandaran sudah memiliki fasilitas medis dan bangunan yang memadai. Bahkan, sarana dan prasarana medis puskesmas di seluruh Kabupaten Pangandaran, ditargetkan bisa sama dengan rumah sakit.

“Bahkan, kalau dianalogikan, fasilitas, sarana dan prasarana medis puskesmas di Pangandaran harus setara dengan fasilitas hotel bintang tiga. Dan itu harus diwujudkan, bukan sekedar mimpi belaka,” kata Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, saat melakukan monitoring pelayanan kesehatan di Puskemas Cikembulan, Sabtu (20/02/2016). [Berita Terkait: Tekan Angka Kemiskinan, Jeje: Masyarakat Pangandaran Harus Sehat!]

Jeje mengatakan, pihaknya akan segera malakukan komunikasi dengan DPRD Pangandaran untuk membahas rencana perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana puskesmas di seluruh Kabupaten Pangandaran.

“Kita akan bicarakan dulu dengan DPRD terkait anggarannya. Kalau anggarannya memadai, tidak perlu nunggu lama, seluruh puskesmas akan kami perbaiki. Tetapi, apabila anggarannya belum memadai, kita akan lakukan secara bertahap. Tetapi, pada prinsipnya, kita sudah punya niat untuk membenahi seluruh fasilitas, sarana dan prasarana medis puskesmas,” terangnya.

Selain fasilitas, sarana dan prasarana medis, lanjut Jeje, pihaknya pun akan meningkatkan kemampuan para tenaga medis Puskesmas agar bisa melakukan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. “Tidak hanya sarananya saja yang diperbaiki, tetapi SDM tenaga medisnya pun akan kami tingkatkan kemampuannya. Selain itu, kami pun tengah memikirkan tenaga dokter ahli yang akan ditempatkan di beberapa puskesmas,” ungkapnya.

Jeje pun menyatakan akan menindak petugas puskesmas yang lalai saat memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Apabila ada petugas puskesmas tidak memberi layanan kurang baik, laporkan saja kepada kami. Kami serius akan memberikan tindakan tegas,” pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA