Puting Beliung di Banjar, Satu Rumah Hancur Tertimpa Pohon

Puting Beliung di Banjar, Satu Rumah Hancur Tertimpa Pohon

Sebuah pohon rambutan berukuran besar tumbang menimpa rumah milik Ahmad (76), warga Lingkungan Cikabuyutan Timur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, saat terjadi hujan disertai angin kencang. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Banjar pada Selasa sore (16/02/2016), mengakibatkan rumah milik Ahmad (76), salah seorang warga Lingkungan Cikabuyutan Timur, RT.4/12, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, hancur tertimpa pohon tumbang.

Informasi yang berhasil dihimpun HR di lapangan, peristiwa tersebut terjadi sekitar jam 15.00 WIB. Angin puting beliung yang menerjang wilayah tersebut menumbangkan sebuah pohon rambutan.

Menurut Ahmad, ketika hujan disertai angin kencang terjadi, ia bersama istri dan kedua cucunya tengah berada di dalam rumah. Namun, alangkah kagetnya ketika sebuah pohon rambutan menimpa dan menghancurkan rumahnya. “Saya kaget sekali, kemudian saya beserta istri dan cucu lari menyelamatkan diri ke rumah tetangga,” kata Ahmad, kepada HR.

Yayah (60), kerabat korban, mengatakan, saat hujan mengguyur, dirinya melihat angin kencang berputar. Tidak lama berselang, pohon rambutan berukuran besar yang berada tepat di belakang rumah Ahmad tumbang.

“Pada saat gemuruh angin, saya sedang berada di rumah, tapi tiba-tiba terdengar seperti suara pohon roboh. Setelah saya keluar, ternyata pohon rambutan itu menimpa rumah Pak Ahmad,” tutur Yayah.

Ketua RW setempat, Iin Hendarlan (70), menyebutkan, bahwa kejadian seperti ini merupakan yang pertama kalinya. Untuk itu, dirinya berharap adanya bantuan dari pemerintah melalui instansi terkait, untuk memperbaiki kerusakan rumah tersebut.

“Untuk sementara, pemilik rumah yang menjadi korban angin puting beliung diungsikan ke rumah kerabatnya. Mudah-mudahan pemerintah bisa segera memberikan bantuan untuk perbaikkan rumahnya,” harap Iin.

Sementara itu, Kasi. Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kuslan, mengatakan, angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kecamatan Pataruman mengakibatkan dua rumah tertimpa pohon, satu di Lingkungan Pangadegan dan satu di Cikabuyutan Timur.

“Di Cikabuyutan Timur yang paling parah. Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada disaat hujan turun disertai angin kencang, karena bencana seperti ini suatu saat bisa terjadi,” katanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Hingga berita ini diturunkan, pihak BPBD dibantu warga setempat bergotong-royong memotong bagian pohon yang tumbang dengan menggunakan gergaji mesin. (Hermanto/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles