Rawan Kecelakaan, Warga Minta Jl. Langensari Banjar Diperlebar

Bila malam hari, jalan sempit dan menikung di wilayah Lingkungan Langkaplancar, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, kondisinya gelap sehingga kerap terjadi kecelakaan lalu-lintas hingga memakan korban jiwa. Photo: Muhafidz/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jalan sempit dan menikung yang ada di wilayah Lingkungan Langkaplancar, RT.03, RW.01, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, bila malam hari kondisinya gelap sehingga kerap terjadi kecelakaan lalu-lintas hingga memakan korban jiwa.

Menurut warga sekitar, Kirun (41), sudah lama jalan tersebut tidak dipasang lampu penerangan. Selain itu, kecelakaan sering terjadi akibat kondisi jalan yang sempit, akibatya banyak pengendara motor hilang kendali.

“Lah wong jalan sempit, menikung pula. Pernah waktu itu dipasang lampu, tapi sering padam, soalnya di sini itu angker. Jadi lampunya dicabut lagi karena percuma padam terus,” ujar Kirun, kepada Koran HR, pekan lalu.

Hal senada dikatakan Tahmid (65), warga lainnya. Karena di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan, dia mengaku sudah terbiasa mengangkat orang meninggal akibat kecelakaan lalu-lintas.

“Biasanya kecelakaan terjadi pada sore menjelang maghrib, tapi seringnya malam hari. Memang ada rambu-rambu peringatan yang dipasang di tepi jalan, namun tak kunjung dihiraukan sama pengendara,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, dulu ketika ada longsor di daerah Dayeuh Luhur, semua mobil dari arah Jawa Tengah menuju Bandung dan sebaliknya, diarahkan melalui jalan ini. Karena ruas jalannya sempit, ada satu bis yang terperosok masuk irigasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR, sampai saat ini memang warga setempat belum pernah mengajukan pelebaran jalan maupun pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) kepada pihak pemerintah.

Namun, Tahmid berharap, pihak terkait supaya memasang lampu penerangan di sekitar lokasi yang rawan kecelakaan. Selain itu, pelebaran jalan Langensari segera dibahas agar kecelakaan lalu-lintas dapat diminamlisir. (Muhafidz/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar