Saluran Air Tak Berfungsi, Rumah Warga di Pangandaran Ini Kerap Kena Banjir

Kepala Dusun Purwasari, Atang, saat menujukan saluran air yang berada di bawah bangunan ruang kelas SMP N 1 Parigi. Foto: Asep Kartiwa/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Astamaya RT 03/RW 02, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, mengeluhkan sering terjadinya banjir di lingkungannya. Banjir disebabkan karena tidak berfungsinya saluran air. Akibatnya, ketika terjadi hujan, air kerap menggenangi rumah warga.

Menurut Kepala Dusun Purwasari, Atang, penyebab terjadinya banjir di daerahnya diduga setelah ada pembangunan jalan gang yang tidak dibarengi dengan drainase yang benar. Pembangunan jalan gang itu dibangun oleh pihak SMP Negeri 1 Parigi. “Bahkan, ada gorong-gorong yang bolong malah ditutupi, bukan diperbaiki. Namun, untuk mengatasi hal ini, seharusnya ditangani oleh Dinas PU,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 1 Parigi Didi Jaswadi mengaku saluran air dari depan hingga ke belakang SMPN 1 Parigi sudah dibangun dengan baik. Pembangunannya, kata dia, menggunakan gorong-gorong dan ditanam di bawah bangunan ruang kelas. “Saluran air tersebut dibuat dengan tinggi sekitar 80 cm dan lebar 60 cm. Jadi, tersumbatnya saluran air hingga membuat banjir bukan karena pembangunan jalan gang,” ujarnya. (Askar/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar